Menjadi Manusia Matahari: Catatan Kecilku

Image result for gambar matahari terbit

Oleh Khairul Azan, Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis

Putus asa merupakan sifat manusia sebagai makhluk yang tidak sempurna. Namun berlama-lama dalam berputus asa adalah sesuatu yang akan menghancurkan kehidupanmu sendiri. Buka mata, pikiran dan hati untuk bangkit berjuang menggapai sebuah mimpi meskipun tertatih-tatih. Ketika kita ingin dihargai oleh orang lain maka mulailah menghargai dirimu terlebih dahulu. Ketika ini dilakukan maka organ tubuhmu tidak akan segan untuk mengantarkan kita sampai pada titik kesuksesan.

Jangan terlena dengan usia mudamu namun pikirkanlah bahwa masa muda tidaklah abadi melainkan masa tuamu telah menunggu sebagai harga mati. Gunakan masa mudamu semaksimal mungkin dalam mempersiapkan masa tua yang bahagia. Sebagaimana ungkapan seorang pengusaha sukses bernama Jack Ma kurang lebihnya penulis simpulkan “manfaatkan masa mudamu untuk keluar dari rumah dalam rangka mempersiapkan masa tua di dalam rumah”.

Apa makna yang dapat kita tangkap dari kalimat di atas yaitu: 1) Seringkali masa muda kita dihabiskan dengan begitu saja tanpa ada persiapan untuk masa depan yang cerah. 2) Justru ketika tua baru sibuk untuk mencari dan berusaha. Jika ingin sukses dimasa tua maka rubahlah cara pandang kita dalam mengenali dunia. Gunakan masa muda yang energik untuk menggapai nikmat tuhan yang tak terhingga. Jemput dan berusahalah. Lalui masa tuamu untuk memetik dan menikmati apa yang pernah kita tanam dikala fisik masih kuat dan bertenaga.

Jadilah manusia seperti matahari yang siap memancarkan cahaya kepada seluruh mahkluk di muka bumi. Pernahkah terlintas di benak kita apa yang terjadi jika matahari tidak lagi mau memancarkan cahayanya. Pernahkan kita befikir bahwa matahari tidak pernah bosan menyinari bumi. Ia tidak berputus asa meskipun terkadang sebagian manusia tidak mau memuji bahkan ada yang tidak suka karena panasnya yang menyengat tubuh. Ia tetap memancarkan cahaya dikala pagi telah tiba. Matahari tetap tersenyum meskipun kita dirundung keputus asaan. Bangkit dan berdirilah kembali.

Meskipun saat ini langkah kita tertatih. Masalah tak kunjung henti dan pengorbanan belum membuahkan hasil yang berarti. Percayalah bahwa walaupun sore ini matahari terbenam namun esok ia akan terbit kembali. Begitu juga dalam kehidupan. Jika kita gagal saat ini yakinlah bahwa kesempatan lain sedang menunggu kita. Kagagalan saat ini adalah kesuksesanku dimasa depan.

Disamping itu, ketika kita telah berada dipuncak tertingi jangan sekali-kali lupa akan diri dan tidak lagi mau berbagi. Orang yang rendah disekeliling kita tidak lagi dihargai. Kita tidak mau lagi untuk memancarkan cahaya kebaikan bagi dia dan mereka. Sekali lagi jangan lakukan itu.  Jadilah seperti matahari, meskipun ia berada lebih tinggi dari bumi, namun ia tetap berbaik hati untuk terus memancarkan cahaya agar bumi dan seisi-isinya bisa  hidup dengan baik karena punya energi.

Begitulah kehidupan orang-orang sukses. Semoga menjadi inspirasi bagi kita yang sedang berada diposisi yang sama. Aminn.


*Sumber gambar: Google


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.