ANALISIS SWOT BAGI KEHIDUPAN PRIBADI

Related image
Oleh Khairul Azan, Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis

Hidup adalah manajemen, dan sebaik-baiknya manajemen adalah ketika mengimplementasikannya dalam kehidupan kita masing-masing. Manajemen diri yang baik adalah menjalani hidupnya seefektif dan seefisien mungkin. Orang yang hidupnya efektif dan efisien adalah orang yang akan sukses dalam menggapai mimpi besarnya. Hidupnya akan terencana dan terorganisir. Satu persatu rencana kecilnya diwujudkan untuk menggapai rencana besar yang telah di tetapkan. Ketika rencana telah tercapai ia tidak langsung puas begitu saja namun terus dievaluasi untuk menggapai mimpi selanjutnya. Begitulah dalam menjalani karier kehidupan.

Tahu kita bahwa seringkali kegagalan manusia disebabkan ketidakmampuannya dalam mengenal diri sendiri. Siapa saya?, apa yang saya miliki?, dan untuk apa saya dilahirkan kemuka bumi ini?. Ia sibuk mengurus orang lain sehingga lupa tentang tanggungjawabnya sendiri. Oleh karena itu biarkan dia dan mereka menggapai mimpinya sesuai dengan gaya dan cara mereka masing-masing. Tugas kita sebagai sahabat dan orang dekat hanya sebatas memancarkan cahaya positif kepada dia dan mereka agar kesuksesan bukan hanya milik kita sendiri saja namun milik bersama.

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat dipahami bahwa mengenali diri sendiri adalah kunci kesuksesan sejati. Jika kita hubungkan dengan manajemen maka lakukan SWOT diri agar kita bisa mengenali diri kita masing-masing. SWOT sama halnya dengan instropeksi diri. SWOT adalah singkatan dari kata strengths yang artinya kekuatan, weaknesses yang berarti kelemahan, opportunities berarti peluang, dan threats yang artinya ancaman. Orang yang sukses adalah orang yang bisa menganalisa dirinya dengan menggunakan empat indikator ini.

Strengths
Sisi ini selalu melihat bahwa setiap manusia pasti punya kekuatan. Namun seringkali kita tidak mengenalinya justru kelemahanlah yang selalu ditonjolkan. Apa kekuatan manusia?, yaitu akal sebagai kelebihan manusia bila dibandingkan dengan makhluk lainnya. Dengan akal seganap potensi diri akan tercipta dan muncul kepermukaan. Oleh karena itu jangan sia-siakan kekuatanmu untuk menggapai mimpi besarmu.

Weaknesses
Sisi ini selalu menekankan pada analisa tentang kelemahaman diri. Meskipun punya kekuatan namun bukan berarti tidak menghiraukan kelemahan yang dimiliki. Dengan mengetahui kelemahan yang ada maka akan menjadi  masukan untuk perbaikan diri ke arah yang lebih baik. Agar kelemahan di ketahui gunakanlah prinsip kebenaran dari sudut pandang orang lain. Jangan egois hanya memandang kebenaran dari perspektif pribadi. Karena apa yang kita fikirkan benar belum tentu benar menurut orang lain. Jangan takut dikritik justru mintalah orang lain untuk selalu mengkritik diri kita.

Opportunities
Sisi ini menekankan pada pemahaman bahwa kesuksesan itu berada ditangan orang-orang yang mampu menangkap situsi atau kondisi yang bagaimanapun untuk dijadikan peluang kesuksesan. Sekalipun disaat itu dia terjatuh dan terjatuh lagi. Peganglah prinsip dibalik kegagalan ada kesuksesan yang menanti. Dibalik musibah ada hikmah yang bisa dijadikan pelajaran untuk bangkit dan berlari lagi dan berhati-hati.

Threats
Perubahan zaman menuntut manusia untuk merubah cara berfikir ke arah yang lebih maju. Perubahan zaman merupakan ancaman bagi individu yang tidak mampu menujukkan potensi dirinya secara maksimal. Oleh karena itu jika saat kita ini masih terlena dan bermalas-malasan untuk menjemput kesuksesan maka tinggalkan ia. Rubah paradigma bahwa “aku bisa jadi pemenang”. Mulailah saat ini juga jangan tunggu besok karena zaman tidak akan mundur namun ia tetap maju dan itu adalah sesuatu yang pasti.

Pemahaman di atas adalah empat mata sisi yang berbeda namun punya makna yang besar dalam mengantarkan manusia pada pencapaian puncak tertinggi kesuksesan baik hidup di dunia maupun hidup yang abadi di alam akhirat. Jadikan kekuatanmu sebagai peluang. Dengan menciptakan peluang akan mampu meminimalisir kelemahan yang ada dan akan menekan ancaman untuk tidak bisa sukses di era yang penuh tantangan seperti saat ini.

Begitulah kehidupan orang-orang sukses. Semoga menjadi inspirasi bagi kita yang sedang berada diposisi yang sama. Aminn...


*Sumber gambar: Google


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.