Rahasia di Balik Bilangan Prima

Image result for bilangan prima
Oleh : Slamet Widodo, guru Matematika di MTsN 3 Bojonegoro yang bertempat di Kepohbaru.

Matematika tak lepas dari permasalahan (baca : permainan) angka-angka. Ya, hanya angka dari 0 sampai dengan 9 sudah cukup untuk menjadi ilmu pengetahuan dan sistem yang rumit dalam kehidupan ini.

Dari susunan angka-angka tersebut muncul berbagai macam dan jenis-jenis bilangan. Diantaranya adalah bilangan ganjil, bilangan genap, bilangan bulat, bilangan prima dan masih banyak lagi bilangan-bilangan lainnya.

Dalam tulisan saya kali ini, saya akan mencoba memaparkan rahasia di balik bilangan prima.  Bilangan prima ini, salah satu bilangan yang sulit dipahami pengertiannya oleh siswa. Padahal pengertiannya sangat mudah dan sederhana.

Berikut pengertian bilangan prima: Bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor (hanya bisa dibagi oleh dua bilangan), yaitu 1 dan bilangan itu sendiri.  Bilangan prima itu, 2, 3, 5, 7, 11, ...

Jika kita renungkan lebih dalam. Ternyata bilangan prima mengandung falsafah hidup yang luar biasa dalam. Kunci sukses dan keberhasilan seseorang, dipengaruhi oleh dua faktor utama.

Faktor pertama adalah Tuhan Penguasa alam dan kedua adalah diri kita sendiri. Kita sebagai hamba yang beriman, harus yakin bahwa Tuhan lah yang menentukan sukses dan tidaknya seseorang.

Namun begitu, kita juga harus berusaha maksimal untuk meraih kesuksesan itu sendiri. Sebab, kita sendiri yang menjadi penentu kesuksesan diri sendiri. Bukan orang lain.  Dan apabila kita tidak mau merubah diri sendiri untuk menjadi yang lebih baik. Maka selamanya kita tidak akan pernah bisa berubah.

Seperti firman Allah Swt. dalam Quran Surat ar-Ra’d (13) ayat 11 : “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” Hidup ini adalah pilihan. Mau pilih yang baik atau tidak baik. Mau pilih jalan menuju kesuksesan atau kegagalan. Semua kembali pada diri pribadi masing-masing.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.