STKIP Yapis Dompu Selenggarakan Pelatihan Multimedia untuk Mendorong Kurikulum Merdeka

Oleh Arif Bulan

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menghadirkan pembelajaran yang lebih terdiferensiasi kurikulum merdeka, Tim Pengabdian Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) STKIP Yapis Dompu bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Dompu mengadakan "Pelatihan Pembuatan Multimedia Interaktif Berbasis Teknologi untuk Memfasilitasi Pembelajaran Terdiferensiasi Kurikulum Merdeka." Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi guru bahasa Inggris dalam menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif tentunya terdiferensiasi berdasarkan kurikulum merdeka.

Kegiatan PKM ini merupakan realisasi dari Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat yang didadaptkan oleh tiga dosen STKIP Yapis Dompu yakni Arif Bulan, Ija Srirahmawati, dan Hasan. Kegiatan terlaksana pada hari Sabtu, 5 Agustus 2023 di Gedung Darmawanita Kabupaten Dompu.

Kegiatan ini berbentuk pelatihan. Di mana yang diundang dalam pelatihan ini adalah guru yang menjadi mitra program PKM yaitu guru yang tergabung dalam organisasi MGMP Bahasa Inggris yang direkomendasikan oleh ketua MGMP sebanyak 50 guru bahasa Inggris SMP di Kabupaten Dompu.

Ketua LPPM STKIP Yapis Dompu, dalam sambutannya mengatakan bahwa “Multimedia pembelajaran interaktif sangat penting untuk dibuat oleh guru karena dengan itu guru mampu menjembatani kebutuhan belajar siswa yang dekat dengan teknologi.

Selain itu, pembicara pertama Bapak Muhammad Irwansyah, yang juga selaku fasilitator guru penggerak mengatakan “dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, pendidikan masa depan semakin menggantungkan diri pada penggunaan multimedia interaktif. Kurikulum Merdeka, yang diperkenalkan pada tahun 2021, telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk mengadaptasi kurikulum sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Pelatihan ini diharapkan akan memberikan bekal tambahan bagi para guru agar mampu menciptakan materi pembelajaran yang lebih beragam dan sesuai dengan minat serta tingkat pemahaman siswa”.

Pelatihan ini akan melibatkan sejumlah ahli dalam bidang teknologi, pendidikan, kurikulum merdeka, pembelajaran terdiferensiasi dan multimedia interaktif. Adapun pembicara yang diundang dalam PKM ini adalah Muhammad Irwansyah, Mardiah, dan Muhammad Fahmi. Para peserta mendapatkan materi yang terstruktur dan dipersiapkan dengan seksama agar dapat langsung diimplementasikan dalam lingkungan kelas. Di antara materi yang disajikan adalah teknik pembuatan materi pembelajaran terdiferensiasi, penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi seperti pictory.ai dan wordwall, dan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka.

Saat ditanyakan mengenai harapannya atas pelatihan ini, salah seorang guru bahasa Inggris yang mengajar di SMPN 1 Dompu menyampaikan, "Saya sangat bersemangat mengikuti pelatihan ini. Dengan bantuan teknologi dan multimedia interaktif, saya yakin pembelajaran di kelas akan menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Siswa akan lebih terlibat dalam proses belajar, dan kami dapat menyesuaikan materi sesuai dengan kebutuhan individu mereka”.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.