One Day Workshop Program Nusantara-Go Dompu

Oleh Arif Bulan STKIP Yapis Dompu

Pada hari Rabu 1 Maret 2023 telah diselenggarakan kegiatan workshop program Nusantara Go Dompu. Program ini diselenggarakan bertempat di Gedung PKK Kabupaten Dompu, mulai jam 08.00 WITA sampai jam 15.00.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, serta Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Dompu. Hadir dalam memberikan sambutan, Sekretaris Dinas, Muhammad Ikhsan, M.M memberikan apresisasi kepada Sekolah Guru Indonesia yang telah mensponsori kegiatan one-day workshop.

Sekolah Guru Indonesia (SGI) merupakan organisasi pengembangan kepemimpinan guru di bawah naungan Dompet Dhuafa Pendidikan yang memiliki komitmen untuk memberi kontribusi aktif dalam perbaikan pendidikan melalui cara-cara ke-Indonesiaan dengan tujuan melahirkan ketokohan guru pemimpin yang memiliki kompetensi mengajar, mendidik, dan jiwa kepemimpinan.


One-Day Workshop Program Nusantara- Go adalah program yang memperkenalkan kompetensi inti literasi digital, berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi yang tercakup dalam Konsep Pembelajaran bahasa Inggris Abad ke- 21, selain itu peserta dapat mengembangkan kemampuan bahasa inggris dan komunitas di wilayah.

Ada banyak wilayah yang menjalankan program one-day workshop ini yaitu Kabupaten Musirawas, Brebes, Lombok Utara, Lombok Tengah, Dompu, Tolo-Toli, Donggala dan Sigi. Kegiatanya berfokus pada masing-masing Kabupaten. Namun, pada kesempatan ini kami hanya membhas mengenai kegiatan yang dilakukan di Kabupaten Dompu.


Kegiatan one-day workshop di Kabupaten Dompu dihadiri oleh 50 guru bahasa Inggris yang tersebar di semua kecamatan. Kehadiran 50 guru tersebut tidak terlepas dari upaya dan kerjakeras dari bebagai pihak. Pihak-pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara ini adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahgara Kabupaten Dompu, Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB di Dompu, dan tentunya MGMP Bahasa Inggris Sekolah Mengengah Pertama (SMP).


Selain itu, guru yang hadir yang paling banyak didominasi oleh oleh guru SMP tentunya ini tidak terlepas dari peran pengurus MGMP yang mendorong dan momitavi guru lain untuk ikut kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Ada juga guru dari MGMP SMA yang hadir dan itu menjadi nilai tambah karena semua MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Dompu terlibat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dengan hadirnya representasi guru pada tiap MGMP ini, harapannya, dapat memberikan dan menularkan ilmu yang didapat dari kegiatan ini.

One-day workshop ini mengangkat topik atau tema “Pembuatan ebook sebagai media pembelajaran efektif dan inovatif”. Saat ini terminology media pembelajaran sudah mulai bergeser, jika beberapa decade terakhir kita memaknai media adalah melulu mengenai sesuatu yang bersifat manual, namun saat ini media pembelajaran sudah bersifat digital, apalagi terintegrasi dengan teknologi.

Dalam kegiatan workshop ini peserta diperkenalkan dengan fitur baru yaitu book creator, fitur ini dapat digunakan untuk membuat ebook yang sederhana yan tentunya interaktif karena dapat digunakan oleh siswa dimanapun berada asal ada sambungan internet. Jadi luaran kegiatan ini guru mampu membuat ebook sebagai materi atau media pembelajaran yang berbasis teknologi.

 






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.