Terkejut, Pesantren Memiliki Jurnal Indeks Scopus


Oleh Irham Yuwanamu

Pagi ini 3/12 saya membuka situs SINTA dan melihat-lihat jurnal yang terindeks di Sinta 1. Indeks Sinta 1 ini sudah otomatis jurnal yang ada di dalamnya bereputasi internasional, terutama scopus. Yang bikin terkejut saya menemukan jurnal yang berasal dari perguruan tinggi dari pesantren, Yaitu Jurnal Register: Scientific Journals of Information System Technology. Jurnal ini diterbitkan oleh UNIPDU (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum) Jombang Jawa Timur. Nama pesantrennya dikenal dengan Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang.

Jurnal Register setelah saya telusuri lebih lanjut, mulai diterima oleh indeks Scopus pada 28 November 2020. Prosesnya saya lihat sepertinya tidak lama dan tidak rumit, karena mulai disubmit ke scopus pada 3 Juli 2020. Sebagai pengamat dan peneliti pendidikan Islam di Indonesia, saya tentu terkejut, karena suatu yang baru bagi pesantren. Kalau unggul secara internasional di bidang studi islam ya lumrah, tapi yang ini beda. Dikenal secara internasional tapi urusan sains.

Di sini saya melihat bahwa evolusi pesantren untuk saat ini bukan saja pada sistem manajemen dan pembelajarannya saja. Akan tetapi sudah sampai pada sistem pengembangan akademik yang berorientasi internasional yang diakui dari kaca mata Barat. Adanya perguruan tinggi / universitas di dalam pesantren merupakan satu inovasi modernisasi oleh pesantren untuk menjawab masalah dunia. Itu sudah luar biasa. Nah ini, dengan adanya jurnal Register yang ruang lingkupnya sainstek tentu sebagai prestasi lembaga pesantren yang patut dibanggakan. Pesantren bukan pendidikan kelas dua.

Prestasi ini pasti akan disusul oleh pesantren-pesantren lainnya yang telah mendirikan Universitas atau perguruan tinggi. Orientasi sains yang mendunia bagi lembaga pondok pesantren tidaklah mustahil.

Kunjungi websitnya jurnal Register di sini jika ingin mengeksplorasi lebih jauh http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/register/index

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.