Jurnal Islam Indonesia Memimpin Dunia

Oleh Irham Yuwanamu

Mimpi Indonesia akan menjadi pusat peradaban Islam atau kiblat Islam kini mulai ada tanda-tanda. Sementara lima jurnal internasional Indonesia terbaik di Asia di bidang kajian agama (religious studies). 

Ini sangat membanggakan. Prediksi saya akan terus tumbuh jurnal-jurnal yang lain. Sebab banyak jurnal nasional yang terindeks Sinta 2 berbahasa Inggris dan Arab yang berkualitas. Menunggu waktu saja jurnal-jurnal itu menyusul ke indeks dunia. 

Dari kelima jurnal ini, yang skupnya Islam dunia ada dua; Qudus Internasional Journal Of Islamic Studies (QIJIS-AIN Kudus) dan Al Jamiah (UIN Yogyakarta), Studia Islamika (UIN Jakarta) skupnya Islam di Indonesia dan Asia Tenggara, Journal of Indonesian Islam (JII-UIN Surabaya) dan Indonesian Journal of Islam and Muslim Society  (IJIMS-IAIN Salatiga) lingkup Islam Indonesia. Artinya dari kelima jurnal itu, tiga di antaranya skup tema tentang Islam Indonesia.  Ini jelas mengindikasikan Islam Indonesia saat ini jadi sorotan dunia. 

Saya yakin walaupun belum diteliti penulis di jurnal ini mayoritas adalah orang Indonesia. Penulis/ ilmuan Islam Indonesia sudah beranjak kelas ke level dunia. Dunia memang dinamis, mungkin Islam Indonesia ini waktunya untuk memimpin dunia. 

Selamat untuk Lima Jurnal ini. Tentunya selamat untuk kemenag, karena semua jurnal di atas di bawah binaan Kemenag RI.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.