MENDIDIK DAN MENGAJAR


Oleh: Khairul Azan (Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis)

Dahulu orang-orang Malaysia berlomba-lomba untuk belajar di Indonesia. Sekarang justru sebaliknya orang Indonesia yang ingin belajar di Malaysia. Melihat fenomena tersebut maka muncul pertanyaan “ada apa dengan pendidikan di Indonesia?”. Apakah eksistensi pendidikan kita mulai dipertanyakan?. Terlepas dari apapun jawaban akan kita berikan, seyogyanya ini adalah gambaran bahwa pendidikan di negeri ini belum mampu menjawab tantangan dan kebutuhan di masyarakat.

Pendidikan adalah sesuatu yang kompleks. Banyak aspek yang mempengaruhi proses pendidikan itu sendiri. Salah satunya adalah guru sebagai ujung tombak yang menentukan kualitas pendidikan. Guru adalah seorang pendidik. Sebagai seorang pendidik tentunya tidak hanya sebatas mengajarkan tentang suatu ilmu yang pahami tetapi juga pada proses mendidik yang betul-betul harus dipahami oleh seorang guru. Inilah alasan mengapa dalam Undang-Undang Guru dan Dosen nomor 14 tahun 2005 disebutkan ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu: 1) Pedagogik, 2) kepribadian, 3) profesional, 4) dan sosial. 

Mendidik dan mengajar tentunya berbeda tetapi sama. Sama-sama dibutuhkan dalam membentuk manusia seutuhnya. Mendidik itu tak semudah mengajar. Mendidik menurut kamus bahasa Indonesia adalah memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Sedangkan mengajar yang awal katanya “ajar” diartikan sebagai petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui (diturut).

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa mendidik adalah sebuah proses yang berhubungan dengan soft skill peserta didik. Sedangkan mengajar adalah sebuah proses yang berhubungan dengan hard skill. Mengajar lebih mengarah pada pengetahuan yang harus dikuasai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan. Sedangkan mendidik itu lebih mengarah pada memberikan pemahaman tentang nilai atau makna dari pengetahuan yang dipelajari.


*Sumber gambar: Google

Semoga bermanfaat..


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.