Menulis Tak Pandang Tempat


Oleh Khairul Azan, Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis

Menulis itu sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena menulis bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun terkadang kita terlalu banyak alasan sehingga menulispun tak pernah kesampaian. Sehingga muncullah anggapan “menulis itu terlalu sulit untuk dilakukan”.
Padahal kita belum mencobanya namun sudah mengeluarkan anggapan yang membunuh semangat jiwa. Oleh karena itu, buanglah jauh-jauh alasan kenapa kita tidak bisa menulis, namun mulailah menulis dan lakukan itu setiap waktu.

Menulis dikatakan mudah karena tidak menuntut waktu yang betul-betul tersedia, dalam artian tidak perlu waktu khusus untuk bisa menulis. Dengan demikian, kurang tepat kiranya jika ada yang mengatakan bahwa menulis itu butuh waktu yang betul-betul ditetapkan. Namun perlu digaris bawahi bahwa meski menulis tidak perlu waktu khusus namun mengkhususkan menulis sebagai sesuatu yang wajib perlu dilakukan.

Disamping itu, menulis itu dikatakan tak bertempat karena memang seperti yang dijelaskan pada paragaraf awal menulis adalah suatu pekerjaan yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kita tidak perlu menyediakan tempat seperti kamar yang nyaman, ruang kantor yang tidak terlalu ramai dan lain-lain, yang membuat konsentrasi kita dalam menulis. 

Yang perlu dilakukan hanyalah sediakan kertas, pena atau laptop sebagai rekam jejak apa yang fikirkan dan dituangkan dalam sebuah tulisan dan mulailah menulis. Ketika ini dilakukan maka hasilnya adalah menulis akan begitu mudah untuk dilakukan. Seperti kita haus maka carilah minuman untuk menghilangkan rasa haus yang dirasakan. Menulis juga demikian. Ketika kita haus untuk menulis maka segeralah menulis. Karena obat untuk menghilangkan kehausan dalam menulis ya dengan menulis.

Memang bagi penulis pemula seperti kita kondisi ruangan yang kondusif dan jauh dari kebisingan akan menunjang kemampuan kita dalam menulis. Tapi itu bukanlah satu-satunya faktor kita bisa menulis. Masih banyak lagi faktor lain yang menunjang. 

Bahkan yang saya rasakan sebaliknya, faktor kebisingan dan tempat yang ramai  juga menjadi munculnya ide-ide untuk menulis. Oleh karena itu menulislah. Sekali lagi menulis itu mudah dan menulis itu suatu pekerjaan yang simpel.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.