Catatan Inspiratif Dari Kampus Melayu

Oleh Khairul Azan, Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis

Dari Ranah Rasa Hingga Realita : Catatan Inspirasi Dari Kampus MELAYU adalah buku perdana yang dihasilkan dari goresan tinta Komunitas Dosen Berkarya. Komunitas ini didirikan pada tanggal 12 Januari 2018 yang dibuktikan dengan penyatuan komitmen melalui Kopi Darat (Kopdar) I yang diadakan di Kampus STAIN Bengkalis.

Komunitas ini adalah perkumpulan kecil penulis yang masih bersifat internal dimana sebagian besar keanggotaannya masih didominasi oleh dosen-dosen yang ada di STAIN Bengkalis. Meski terbilang muda tapi alhamdulillah kami mampu menghasilkan karya perdana. 

Karya perdana ini adalah buku antologi yang penulisnya lebih dari satu orang. Adapun isinya berupa tulisan bebas (free writing) yang bertemakan tentang motivasi. Sengaja diusung tema dan gaya tulisan bebas dalam karya perdana ini tak lain tak bukan  bertujuan untuk melatih imajinasi dalam menulis sebuah ide karena mengingat sebagian besar penulis masih terbilang pemula yang perlu menyesuaikan diri dengan sesuatu yang baru yaitu: mengolah fikiran, rasa dan kata untuk melahirkan sebuah karya. 

Pemilihan judul buku seperti yang disebutkan di atas beranjak dari sebuah pemahaman bahwa semua orang bisa menggapai apa yang diinginkan ketika ada kemauan di dalam diri untuk mewujudkannya. Inilah makna dari judul buku “Dari Ranah Rasa Hingga Realita: Catatan Inspirasi Dari Kampus MELAYU” yang dimaksud. 

Kampus MELAYU dalam hal ini adalah STAIN Bengkalis. Kampus muda yang berdiri di ujung plosok negeri dan berhadapan langsung dengan negara Malaysia. Karena berada pada dua zona terebutlah seringkali kami dijuluki sebagai kampus terluar dan terdepan. Terluar karena berada di pinggiran Provinsi Riau dan terdepan karena berhadapan dengan negara tetangga. 

Disamping itu kata MELAYU dalam hal ini bukanlah mengarah pada Ras tetapi lebih kepada pengembangan keilmuan yang berbasis budaya Melayu sebagai indentitas. Lebih lanjut kata MELAYU juga menjadi motto STAIN Bengkalis yang terdiri dari kata Mandiri, Empati, Luhur, Amanah, Yakin dan Unggul.

Motto tersebut menjadi pembakar semangat dan jargon pemersatu dalam berhidmat untuk optimis dalam melangkah menuju kampus besar yang berjaya. Berbagai upaya yang dilakukan untuk menunjukkan eksistensi selalu dilakukan, baik tata kelola, prestasi mahasiswa dan tak terkecuali dosen sebagai unjung tombak dalam sebuah lembaga pendidikan tinggi. 

Sinergisitas terus digalakkan karena kami sadar bahwa tanpa kebersamaan sebuah keunggulan tak akan pernah diwujudkan. Sebagai unsur fundamental maka dosen berkarya diharapkan menjadi bagian dalam pengembangan STAIN Bengkalis ke depannya. Dengan berkarya menunjukkan bahwa kita ada dan pernah ada. Semoga karya sederhana ini menjadi inspirasi bagi kita semua. Baik untuk pengembangan diri maupun secara institusi.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.