BERSAMA KITA BISA


Oleh: Khairul Azan Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis

Pepatah mengatakan “berat sama dipikul, ringan sama dinjinjing”. Pepatah ini mengandung makna bahwa begitu pentingnya kebersamaan dalam meraih sebuah kesuksesan. Seberat apapun masalah atau pekerjaan yang dilakukan akan terasa ringan ketika itu dikerjakan secara bersama-sama. 

Semangat kebersamaan menjadi kunci dalam mencapai cita-cita besar. Banyak bukti yang telah ditunjukkan dunia dalam membangun sebuah karya yang fenomenal. Barangkali kita mengenal Menara Eiffel, Tembok Besar Cina, Candi Borobudur, Candi Prambanan dan lain-lain. Apakah menara dan bagunan tersebut ada begitu saja atau dibuat hanya dari kerja keras satu orang saja?. Tentunya tidak, kemegahan karya yang dihasilkan adalah bukti kerja keras yang dilakukan secara bersama-sama dalam waktu yang bersamaan. 

Kebersamaan dan kesolidan antara anggota perlu dilakuan untuk membesarkan diri dan orang lain. Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan akibat sebuah kerjasama, diantaranya; 

Pertama, efisiensi dalam bekerja. Ada perbedaan yang terjadi ketika sebuah pekerjaan atau  permasalahan itu dikerjakan atau dihadapi secara bersama-sama oleh banyak orang ketimbangan hanya satu orang. Dimana dari sisi hasilnya akan lebih maksimal dan dari sisi waktu juga akan lebih efisien. Mengapa itu terjadi karena masing-masing orang saling membantu dan saling mengambil fungsi. Ibarat sedang mengerjakan sebuah rumah, ada yang bertugas mengambil pasir, ada yang mengambil bata dan ada juga yang bertugas mengaduk semen dan merekat bata. 

Kedua, mendapatkan ide baru. Sebagai mahluk yang tidak sempurna tentunya tidak terlepas dari kekurangan yang dimiliki. Manfaat terbesar yang akan dirasakan orang yang selalu bekerja sama dengan orang lain dalam melakukan sebuah pekerjaan. Salah satunya adalah mendapatkan ide-ide baru. Dengan bekerjasama kita akan saling bertukar informasi dan cara dalam melakukan sesuatu. Bisa jadi apa yang ada pada diri kita belum tentu dimiliki oleh orang lain begitu juga sebaliknya apa yang orang lain miliki juga belum tentu kita miliki. Disinilah akan kita temukan ide-ide baru yang bersumber dari orang lain yang kita ajak kerjasama. 

Ketiga, mendapatkan pengalaman belajar. Kerjasama tim itu sangat penting  untuk dilakukan. Mengapa? Karena dengan bekerjasama kita akan dihadapkan dengan segudang pengalaman dari orang yang berbeda. Sehingga dengan banyaknya pengalaman tersebut memberikan ruang kepada masing-masing kita untuk saling belajar. Masing-masing kita berfungsi sebagai guru bagi dia dan dia menjadi guru bagi kita. 

Keempat, mempererat silaturrahmi. Sebagai makhluk sosial tentunya kita pasti berhubungan dengan orang lain. Namun seringkali kita tidak memperdulikannnya yang mengganggap kita bisa hidup sendiri. Padahal sampai kapanpun tetaplah kita membutuhkan orang lain. Oleh karena itu dengan adanya kerjasama akan bisa mempererat tali silaturrami. Ini terjadi karena intensitas kita dalam berinteraksi dan berkomunikasi. 

Kelima, meminimasilir gesekan akibat perbedaan. Sebagai manusia tentunya berbeda itu adalah lumrah. Namun akan jadi masalah ketika perbedaan dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya. Perbedaan adalah kekuatan bagi orang yang mengenal apa itu perbedaan. Dengan perbedaan kita bisa membangun sebuah manara kehidupan. Adanya kerjasama akan mampu membendung sebuah permasalahan dari gesekan yang terjadi disebabkan adanya perbedaan. Mengapa itu bisa terjadi? Karena dengan bekerjasama ia akan lebih mengenal karakter orang lain dan tidak egois dengan apa yang difikirkan dan apa yang diketahui. 

Semoga bermanfaat.

*Sumber gambar: Google


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.