Rencana Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas Besar


Oleh Dwi Sofie, Alumni Awardee LPDP RI.

Tulisan ini sebagai hasil pengalaman penulis terkait dengan salah satu rencana pemebelajaran bahasa Inggris yang mampu membuat siswa di kelas yang siswanya banyak untuk dapat berbicara dengan terkontrol.

Biasanya pengajar pasti sering merasa kelelahan jika mengajar bahasa di kelas besar. Terlebih jika target kita adalah membuat murid berbicara. Kita juga akan merasa sulit untuk membuat 50 siswa berbicara bahasa target yang kita minta untuk mereka pelajari. Bagaimana jika saya katakan bahwa ternyata sangat mungkin untuk membuat murid dalam kelas besar berbicara bahasa Inggris dengan terkontrol? Selain itu, Anda membuat mereka menulis juga.

Saya ingin berbagi kegiatan belajar-mengajar yang baru saja saya terapkan di kelas saya. Karena yang ini bekerja dengan sangat baik, saya rasa saya perlu menuliskan dan berbagi. Rencana pelajaran yang saya bagikan ini bagus untuk kelas besar (53 siswa) terutama jika anda ingin mereka berbicara.

Saya akan selalu menemukan cara untuk meminimalkan TTT (Teacher Talking Time) dan memaksimalkan STT (Student Talking Time). Sehingga pengajar hanya berbicara ketika memberikan arahan dan contoh dan murid adalah pihak yang lebih banyak berbicara selama pelajaran karena itu yang sesungguhnya dibutuhkan. Selain itu, siswa juga berpartisipasi aktif dan saya dapat mengontrol kegiatan ini agar sesuai dengan tujuan. Di kelas saya ini ada beberapa mahasiswa luar negeri dari China dan Timor Leste.

Berikut adalah detil aktivitasnya:

MODEL AKTIVITAS BELAJAR DAN KEGIATAN YANG DIPERLUKAN
Target: Reported Speech
Level: CEFR Upper Intermediate-University Level
Durasi: 150 menit
Topik/kegiatan: Wawancara Survei
Catatan: Ini bekerja sangat baik untuk kelas besar (jumlah murid saya 53 siswa)


TAHAP 1: 5-10 menit
Perkenalkan topik dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa seperti:

“Where do you usually see or find questions and answers?”
” In what situation?” (siswa akan menjawab ‘interview’)
“What is the most common interview we know?”
“What do you call someone who asks the questions in an interview?”
“Someone who answers?”
“What are the questions they ask?”
“What other types of interview that you know?”
(sampai mereka menjawab: survei!)

TAHAP 2: 30-45 menit
Perkenalkan bahasa target
Pergunakan alat presentasi seperti video atau audio recording yang berisikan Reported Speech. 
Saya menggunakan audio recording dikelas saya.

Langkah langkah:
Mainkan rekamannya, tanyakan kepada siswa apa yang mereka dengar misalnya

“About eight out of ten people said that they got their bread from the supermarket”
(tanyakan lagi sampai setidaknya 5 kalimat).

Tanyakan kepada siswa apa saja Reporting Verbs yang mereka dengar dari rekaman tersebut seperti: admitted, advised, announced, apologized, thanked, mentioned, stated, complained, promised, announced, dan lain-lain.

Perkenalkan bagaimana mendeskripsikan statistik seperti 1/2, 1/3, 3/5, percentage, nearly, exactly, all, almost all, eight out of ten, dan lain-lain.

Buatlah beberapa soal menulis untuk melatih menulis Reporting Sentences dengan Reporting Verbs dan deskripsi statistik. Periksa bersama.


TAHAP 3:  60-90 Menit
PRODUKSI
Tahapannya: Kelompokkan siswa dalam grup berisi 5 orang.  Dalam kelompok mereka mintalah siswa memilih ide bisnis (contoh: layanan pengiriman makanan). Katakan kepada mereka bahwa mereka berencana untuk membuka bisnis dan perlu mensurvei target pelanggan untuk kebutuhan dan minat mereka.

Mintalah mereka mengajukan 5-10 pertanyaan untuk diajukan kepada responden mereka
Mintalah mereka untuk bertanya kepada teman sekelas mereka (minimal 10 responden)
Mintalah mereka membuat  RINGKASAN HASIL SURVEI (KATEGORI DAN HASIL DALAM ANGKA) dan MENULIS HASIL SURVEI DENGAN REPORTING SENTENCES.


Penutup: Saya memilih laporan terbaik dan berterima kasih kepada semua orang karena telah melakukan aktivitas dengan baik.

Sejauh yang saya perhatikan saat berkeliling untuk memonitor kegiatan, tahap produksi adalah yang paling menarik bagi siswa. Kita akan sangat senang melihat murid-murid aktif berbahsa Inggris. Berikut adalah beberapa video yang saya rekam selama aktivitas berlangsung.

Selamat mengajar !!

Video ini salah satu contoh rencana pembelajaran di atas.
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.