Dalam Kehidupan Ada 5 W 1 H




Oleh Khairul Azan Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis

Kita sering mendengar ungkapan bahwa dalam menjalani hidup ini tidak boleh mengikuti arus seperti air yang mengalir. Filosofi ini ditujukan kepada orang yang tidak berprinsip, hidupnya berjalan tanpa tujuan dan arah yang jelas. 

Prinsip dan tujuan yang jelas perlu dimiliki bagi siapapun yang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Bahkan semua itu bukan hanya berlaku di dunia saja melainkan menjadi bagian kesuksesan di alam selanjutnya (akhirat).

Lantas muncul pertanyaan. Bagaimana caranya untuk menjadi manusia yang memiliki prinsip dan tujuan hidup yang jelas? Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi tentang rumus kehidupan yang barangkali bisa diterapkan dalam menjalani lika-liku hidup ini. Apa itu? 5 W 1 H. Rumus ini berasal dari teori manajemen yang dikembangkan oleh para ahli. 

Mengapa kita harus mengaplikasikannnya dalam kehidupan? Jawabannya singkat “karena hidup itu sesungguhnya adalah manajemen”. Mulai dari merencanakan tentang masa depan lalu melakukan rencana dan meraih hasilnya itu semua adalah bagian dari manajemen hidup. Sehingga tidak salah kiranya jika apapun yang berhubungan dengan manajemen itu kita terapkan dalam menjalani kehidupan, salah satunya adalah rumus 5 W 1 H yang akan membuat prinsip dan tujuan hidupmu menjadi lebih jelas.

5 W 1 H adalah singkatan dari kata Who yang berarti siapa, What yang berarti apa, Where yang berarti dimana, When yang berarti kapan, Why yang berarti mengapa dan How yang berarti bagaimana.

Prinsip dan tujuan hidupmu tidak akan ada ketika kita tidak mengenali siapa diri kita susungguhnya (Who). Apakah hanya seonggok daging yang berjalan atau salah satu makhluk Tuhan yang dibekali dengan berbagai kelebihan. Di mana kelebihan itu akan membuat manusia menjadi makhluk yang tinggi drajatnya dibanding makhluk lainnya. 

Selanjutnya agar menjadi manusia sesungguhnya maka tidak cukup hanya dengan mengenal diri,  kita harus berbuat sesuatu dari kelebihan yang kita miliki (What). Berbuat dan melangkah dengan pasti untuk menggapai sebuah mimpi. Di samping itu agar apa yang kita lakukan benar-benar bisa menggapai susuatu yang diimpikan maka hendaknya menentukan dimana (Where) kita melakukannya dan kapan (When) kita melakukannya. 

Jangan ditunda, karena kesempatan tidak akan datang dua kali dan kesuksesan tidak akan diraih ketika kita terlena dan menunda sesuatu yang harus kita lakukan secepat mungkin. Sebagaimana ungkapan “lebih cepat lebih baik”. Selain itu sebuah perbuatan agar tidak terjebak pada sesuatu yang sia-sia dan ikut arus maka hendaknya mempertibangkan baik buruknya (Why). Sehingga pada akhirnya barulah terlihat bagaimana hasilnya ketika kita telah melakukan 5 W di atas. 

Apakah sesuai harapan atau sebaliknya. Jika sesuai, jangan lekas puas namun tetap berbuat sesuatu yang lebih berkualitas. Jika tidak, maka kembalilah instropeksi diri (What). Bisa jadi kita belum mengenali diri kita sebenarnya. Kita tidak mampu melihat kemampuan diri yang hanya adalah kekurangan yang selalu dimunculkan.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.