GAPAI MIMPI MELALUI PROSES



Oleh Khairul Azan, Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis

“Kesuksesan bukanlah hanya diukur dari materi atau posisi yang kita dapatkan saat ini. Melainkan seberapa banyak masalah dan tantangan yang telah kita lalui dan teratasi”

Kesuksesan tak ubahnya seperti menelusuri sebuah jalan yang panjang di mana kita sendiri tidak tau apa ujung dari jalan yang kita tempuh. Banyak orang yang gagal karena tidak sabar untuk menunggu. Ketidaksabaran tersebut mengarahkan kita untuk mencari jalan pintas agar hasilnya segera diketahui. Sehingga banyakalah kesuksesan yang diraih dengan cara yang serba instan tanpa proses yang penuh dengan pengajaran diri.

Ada perbedaan hasil antara kesuksesan yang diraih dari sebuah proses dan kesuksesan yang diraih dari sesuatu yang serba instan. Kesuksesan yang diraih dari sebuah proses akan membuat kita berdiri kokoh dan tidak gamang ketika telah berada pada puncak ketinggian. Mengapa demikian?, karena ada pepatah mengatakan bahwa “semakin tinggi pohon akan semakin kencang jugalah anginnya”.

Kalimat pepatah di atas menjelaskan bahwa orang yang telah menggapai mimpinya bukan berarti tidak akan ada masalah yang melanda dikemuadian hari. Justru sebaliknya. Semakin tinggi posisi yang kita dapatkan maka semakin besar pulalah cobaan dan permasalahan yang akan dihadapi. Orang yang menggapai kesuksesannya dari sebuah proses panjang dia tidak akan goyah meskipun masalah demi masalah muncul di hadapannya.

Mengapa demikian? Karena prosesnya telah dilaluli. Ia kebal dengan segudang masalah, dimana dengan pengalaman sebelumnya membuat ia tau strategi untuk menyelesaikan setiap masalah yang muncul. Sehingga sebesar apapun masalah baru yang datang ia telah memiliki temeng untuk menjaga diri. Namun sebaliknya bagi orang yang kesuksesannya diraih dari sesuatu yang serba instan yakinlah ia tidak akan bertahan lama ketika berada pada puncak ketinggian. Masalah dijadikan beban karena ia tidak pernah mengalami sebelumnya ketika proses pencapaian tujuan.

Sukses bukanlah tujuan. Sukses adalah sebuah proses melakukan apa yang kita sukai. Jangan pikirkan ocehan dia dan mereka yang tidak kontruktif membuat kita jatuhdan tak mampu bangkit lagi. Jadilah manusia yang berprinsip. Ini penting dilakukan karena orang haya akan senang ketika kita tinggi namun ketika kita berada di bawah dia dan mereka akan tertawaserta bertepuk tangan. Jadi, jadilah diri sendiri yang punya prinsip sebagai pengokoh diri. Percayalah kita akan melakukan sesuatu dengan baik ketika itu adalah pilihan kita sendiri.

Sukses tidak bertempat, melainkan suksesitu ada kapan dan dimana saja yang bersifat abstrak. Tugas kita adalah menemukan kesuksesan itu agar berwujud dalam kehidupan nayata. Agar sukses bisa diraih maka fokuslah pada tujuan yang telah ditetapkan. Gapailah kesuksesanmu perlahan dan perlahan. Buatlah perencanaan diri agar hidupmu kelak tidak sengsara. Sadari mengapa dan untuk apa kita melakukan apa yang kita lakukan.

Disamping itu kesuksesan tidak akan diraih ketika tidak ada kerja keras dan cerdas yang menyertai. Gunakan akan fikiran untuk menggerakan seluruh organ tubuhmu berbuat sesuatu yang bermanfaat guna menunjang capain tujuan yang telah ditetapkan. Jangan jadi manusia yang malas dengan hanya berpangku tangan tanpa batas. Teruslah berusaha dan berusaha.

Begitulah kehidupan orang-orang sukses. Semoga menjadi inspirasi bagi kita yang sedang berada diposisi yang sama. Aminn.

*Sumber gambar: Google

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.