Cerdaskan Anak Bangsa dengan Membaca


Oleh M. Khoirudin dosen UNU Lampung.

Membaca adalah kegiatan yang sangat positif serta bermanfaat. Dengan membaca kita akan mengetahui segala apa yang ada. Jadi sudahkah hari ini kita membaca?

IQRA (Baca) adalah Wahyu yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Pada saat itu Nabi susah untuk mengucapkannya, karena Nabi buta akan aksara. Walau begitu malaikat Jibril mengulangi sampai Nabi bisa mengucapkannya.

Al Qur'an adalah kitab suci ummat Islam. Selain sebagai kitab suci Al Qur'an juga dijadikan sebagai sumber utama dari berbagai disiplin ilmu. Perintah membaca yakni IQRO yang tertulis dalam Al Qur'an yang mengandung konsep tentang aspek aspek kehidupan.

Membaca bukan sekedar mengeja atau melihat tulisan bahkan gambar, melainkan harus membekas dalam fikiran dan hati. Membaca adalah keterampilan mengasah otak supaya mampu meresepsi, menganalisa, dan menginterprestasi tentang apa yang sudah dibaca agar mampu memahami isi sebuah bacaan.

Kurangnya minat baca yang membuat generasi bangsa akan tertinggal. Otak ibarat sebuah pisau semakin banyak digunakan (diasah) maka akan semakin tajam, begitu juga sebaliknya jika tak pernah diasah makan akan semakin tumpul. Alat untuk mengasah otak yakni dengan membaca.

Sabtu 9 september 2017 tepatnya mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Lampung memperingati hari Aksara Internasional dengan mengadakan acara membaca bersama anak anak di tanah register 38 Lampung Timur (Gunung Balak). Ada sekitar 250 siswa dari berbagai sekolahan yakni SDS Tanjung Sakti, SDN 2 Sadar Sriwijaya, MI Nurul Huda, RA Al Istiqomah, RA Darul Huda, dan SMP Kosgoro 2.

Kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya membaca yang sangat kurang membuat para mahasiswa mengagendakan membaca bersama di area register 38. Muhamad rohman sebagai penggerak literasi mengutarakan dengan adanya kegiatan ini, kedepan para orang tua dan anak anak lebih giat lagi belajar.

Untuk itu membaca jadikanlah hobi. Karena dari membaca kita akan menggapai sebuah impian. Tanpa membaca kita tidak bisa menjelajah kepenjuru dunia. Dengan membaca maka kita akan membatu memajukan sebuah Negara baik dari ekonomi, teknologi, pendidikan dll. Oleh sebab itu mulailah membaca saat ini juga.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.