Perencanaan Mengatasi Masalah Pendidikan Indonesia


Setelah kita mengetahui fungsi perencanaan, masalah dan tantangan pendidikan ke depan pada artikel sebelumnya maka kita akan mencoba mengorelasikan hubungan antara perencanaan yang baik dengan kesiapan mengahadapi masalah dan tantanganya dalam rangka membangun pendidikan yang lebih baik. Tulisan ini di fokuskan kepada fungsi perencanaan di dalam mengatasi permasalahan serta tantanganya dalam dunia pendidikan maka yang akan menjadi titik pembahasan tulisan ini adalah tentang sisi baik atau keuntungan kita manakala membuat perencanaan yang matang dalam rangka mengatasi permasalahan serta tantanganya untuk membangun pendidikan yang lebih baik.

Problema dan tantangan pendidikan nasional dalam memasuki dunia global seperti ini harus dihadapi dengan pendekatan dan metode yang sesuai dengan kondisi masyarakat dan tuntutan perubahan dimasa depan. Fenomena perubahan secara drastis ini tentu memiliki tantangan tersendiri, peran dunia teknologi menjadi sangat vital manakala dijadikan sebagai pusat informasi. Karena pendidikan tidak dapat memposisikan semata-mata karena untung dan rugi dan efisiensi semata maka visi kemanusiaan harus menjadi tumpuhan niat suci yaitu memanusiakan manusia.

Sebuah perencanaan yang matang, terlebih menimbang dan memperhatikan segala resiko nya akan sangat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang akan di hadapi saat proses berlangsung karena bagaimanapun sebuah keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari adanya permasalahan serta tantangan yang akan di hadapi. Untuk mampu mengatasi masalah-masalah tersebut dibutuhkan sebuah rencana yang baik serta strategi cara menanggulanginya manakala sewaktu-waktu dibutuhkan. Karena salah satu fungsi perencanaan harus diarahkan kepada pencapaian tujuan pendidikan yang normative maka kekuatan internal harus dirumuskan secara matang, dinamis dan professional.

Tidak dipungkiri bahwa untuk mewujudkan pembangunan yang maksimal dibutuhkan kerjasama antar semua sector agar mampu meminimalisir dan menekan permasalahan-permasalahan yang kan muncul sebagai kendala suksesnya pembangunan pendidikan. Ini dimaksudkan agar perubahan pembangunan pendidikan terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dan informasi dunia. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena kita tidak akan pernah tahu dinamika perubahan dunia yang tentu sedikit banyak akan mempengaruhi dunia pendidikan. Dan untuk dapat memaksimalkan potensi keberhasilan pembangunan pendidikan maka kita harus mempersiapkan perencaaan yang matang, terarah, terukur dan menjunjung azas kebijaksanaan.

Oleh: Abdul Ghofur
Dosen FAI di UNISMA Bekasi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.