Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Image result for peran orang tua dalam pendidikan anak

















Oleh M. Khoirudin Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
 
Orang tua adalah madrasah pertama bagi seorang anak. Namun di zaman yang super canggih ini peran orang tua dalam pendidikan seorang anak sungguh sangat memprihatinkan.

Keberhasilan seorang anak dalam belajar ternyata adanya dukungan yang baik dari orang tua, tapi sayang tidak terlalu banyak orang tua yang mau langsung berkecimpung dalam urusan pendidikan anak. Jika kita amati, orang tua zaman sekarang hanya memfasilitasi apa yang diinginkan sang buah hati, tanpa memikirkan efek negatifnya jika dituruti terus menerus.

Cari uang untuk siapa? Jawabannya pasti untuk anak. Benar sekali sebuah pertanyaan seperti itu. Tapi yang sangat di sayangkan bahwa, jarang sekali tindakan tegas untuk mengarahkan anak supaya mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Kebanyakan orang tua menyerahkan anaknya ke sekolah sepenuhnya, baik atau buruk tergantung gurunya. Miris sekali jika menemui orang tua yang seperti itu. Padahal untuk mencerdaskan anak perlu kerjasama yang baik antara orang tua dan guru.

Lalu, sebagai orang tua tindakan apa yang harus diambil?

1. Dampingi anak ketika belajar di rumah
Setiap anak pasti menginginkan perhatian dari orang tuanya, seperti halnya dalam belajar. Dalam belajar mengalami kesulitan itu hal yang wajar, walau terkadang orang tua jika ditanya oleh anak juga tak bisa menjawab, tapi sebagai orang tua harus bisa meyakinkan bahwa sang buah hati mampu menyelesaikannya.

2. Memberi motivasi
Berilah motivasi pada buah hati untuk terus belajar supaya bisa menggapai cita citanya.

3. Berikan suasana yang nyaman
Ketika belajar anak perlu suasana yang nyaman supaya bisa bersungguh sungguh dalam belajar, maka dari itu ciptakan suasana dalam rumah yang kondusif.

4. Arahkan ke sekolah yang baik Sebagai orang tua, harus jeli dalam memilih sekolah. Saya yakin setiap sekolahan pasti baik, tapi arahkan si kecil masuk dalam sekolah yang sesuai dengan kemampuannya serta minatnya. Jangan pernah memaksa anak dalam memilih sekolah, karena akan berakibat fatal.

5. Lengkapi peratan sekolah
Setiap anak yang bersekolah harus mempunyai peralatan penunjang dalam belajar seperti buku, pensil, penghapus dll. Selain peralatan yang harus dilengkapi biaya sekolah anak harus dilunasi karena semua itu sudah menjadi tanggung jawab orang tua dalam menyekolahkan anak.

6. Tanamkan akhlak pada anak terbentuknya akhlak seorang anak tidak terlepas dari peran orang tua, karena akhlak pondasi seorang anak dalam mencari jati diri.

Peran orang tua dalam pendidikan anak bukan hal yang sepele, karena pendidikan adalah modal awal untuk dapat bersaing ditengah maraknya kemajuan zaman. Oleh sebab itu orang tua harus memperhatikan tumbuh kembang sang buah hati, lalu melihat bakat dan potensi yang dimiliki tapi jangan lupa untuk memfasilitasi serta mendukung supaya anak tetap semangat dalam belajar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.