Pentingnya Belajar Biologi


Oleh M. Khoirudin dosen UNU Lampung
Image result for pentingnya belajar biologi 
Tidak bisa dipungkiri, aktivitas kita sehari-hari akan selalu bersinggungan dengan yang namanya proses biologi. Sebagai contoh sederhana, mekanisme tubuh kita semuanya adalah bagian dari proses biologis. Jadi, ada baiknya mempelajari dan kenali ilmu biologi walapun anda kurang begitu suka.

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan dan mikroba. Dengan belajar biologi maka akan mengenal yang namanya rekayasa genetika, kultur jaringan, stem cell (kultur sel hewan), konservasi hutan, pengendalian hama, serta masih banyak lagi yang lainnya. Ketika sudah mempelajarinya maka dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti peternakan, perikanan, kehutanan, lingkungan, dan kedokteran.

Kenapa harus belajar biologi? Karena jangakauan dari belajar biologi penelitiannya sangat luas sekali sehingga bagi pembelajar dapat mengekspresikan keingintahuannya serta kemampuannya. Seperti halnya pembelajar tertarik ingin meneliti pembelahan sel pada hewan atau tumbuhan, dan tak menutup kemungkinan mau menjadi pengusaha seperti membuat makanan ringan dengan menggunakan bakteri dan jamur misalnya Yogurt, Keju, Kecap, bahkan Tempe. Jika tidak mau menggunakan bakteri atau jamur pembelajar juga bisa budidaya tanaman hias yang akhir akhir ini masyarakat giat mananam tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah.

Belajar biologi tak pernah rugi karena biologi akan senantiasa bermanfaat dalam perkembangan kehidupan manusia dan bumi.  Biologi dapat membantu kita untuk melihat dunia dan alam kehidupan sebagaimana yang dilakukan oleh para ilmuwan. Mempelajari biologi akan membuat kita lebih dekat dengan Tuhan. Dengan mempelajari biologi kita melihat ciptaan Tuhan yang begitu luar biasa, hal ini membuat kita lebih banyak bersyukur dan kita akan selalu ingat Tuhan.

“Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan segala yang ada diantara keduanya dalam waktu enam hari, kemudian dia bersemayam di atas Arsy. Kamu semua tidak memiliki seorang penolong dan pemberi syafaat pun selain diri-Nya. Lalu, apakah kamu tidak memperhatikannya ?”(Q.S. Al-Sajdah [32] :4 )

Jangan ragu lagi belajar biologi. Ilustrasi di atas hanya gambaran kecil dari manfaat belajar biologi. Perihal karir, jangan khawatir, lulusan biologi mudah mencari kerja. Sebab, kamu bisa menjadi peneliti, ahli nutrisi di perusahaan makanan, ahli botani, ahli dalam membuat pupuk organik atapun anorganik hingga pakar kehidupan hewan bahkan seorang Entrepreneurship. Oleh sebab itu mari belajar biologi. Salam Lestari, Salam Reproduksi.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.