HOLISTIC SKILL: UPAYA MENJADI PROFESIONAL

Oleh Dr. Amie Primarni

Kesuksesan tak akan dapat diraih oleh seseorang tanpa dengan keterampilan yang ia miliki. Artinya sejauh mana keterampilan yang dimiliki seseorang itulah yang menjadi kunci kesuksesan yang akan diraih. Ini sudah menjadi hukum manusia yang tidak dapat dipungkiri lagi. Lalu keterampilan yang bagaimana yang harus dimiliki agar bisa secara optimal sukses? Berikut yang harus diketahui.

Ketrampilan yang utuh, ketrampilan yang saling bersinergi, itulah yang dimaksud dengan Holistic Skill. Keterampilan ini yang dapat mengantarkan orang-orang  hebat jadi profesional dan sukses. Ada empat Skill yang harus dikembangkan secara optimal agar kita menjadi profesional dalam keterampilan ini.

Pertama adalah Intelektual skill, ketrampilan berfikir. Ketrampilan berfikir ini adalah ketrampilan yang dibutuhkan bagaimana mengelola penggunaan cara berfikir. Dia tahu kapan menggunakan strategic thingking, kapan menggunakan creatif thingking atau solutif thingking dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Kedua adalah working skill, ketrampilan bekerja. Kemampuan kepemimpinan, komunikasi dan jejaring sosial, bersinergi dan kolaborasi adalah ketrampilan yang dibutuhkan di dunia kerja untuk mampu menyelesaikan pekerjaan dan  masalah yang dihadapi. Dia mengetahui betul apa yang harus dikerjakan agar hasil pekerjaannya optimal.

Ketiga adalah motorik skill, kecepatan, kegesitan, efektif, adalah ketrampilan yang harus dimiliki di era digital untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dan masalah yang dihadapi.

Keempat adalah Spiritual skill, ketrampilan bagaimana menerapkan sebuah nilai spiritual dalam implementasi dilapangan. Kejujuran, integritas, kesabaran dan ketulusan adalah ketrampilan spiritual yang dibutuhkan di dunia kerja untuk menyelesaikan pekerjaan dan masalah yang dihadapi.

Untuk mencapai prestasi yang baik dan mengoptimalkan keempatnya, maka ketrampilan ini akan matang jika dihadapkan pada masalah dilapangan. Sementara pengetahuan akan meningkatkan kompetensi.

Selamat mencapai titik optimal kita, dikadarnya masing-masing dan bersiaplah berkolaborasi untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih berdampak manfaatnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.