PENDIDIKAN MENCERDASKAN BANGSA

Oleh M. Khoirudin

Pendidikan adalah usaha yg dilakukan secara sadar oleh keluarga, guru, dan lingkungan sekitar. Dalam keluarga peran orang tua sangat penting untuk membentuk karakter anak. Sebab orang tua sumber kekuatan yang dapat membangun sebuah mental. Sikap saling menghargai, memberi, menghormati, dan menyayangi adalah contoh konkrit yg harus diterapkan dalam lingkungan keluarga.

Sedangkan peran guru dalam lingkungan sekolah sebagai pendidik yang mengajari, dan memberikan ilmunya sesuai kemampuan di bidang pendidikannya. Oleh sebab itu lingkungan sekolahan serta peran guru bukan tumpuan utama untuk mencerdaskan anak. Guru berperan memberi bantuan dan memotivasi, serta mendisiplinkan anak untuk mempunyai rasa tanggungjawab atas apa yg sudah dilakukannya.

Adapun peran dari lingkungan sekitar juga penting dalam pendidikan anak. Karena peran lingkungan memberikan contoh atau gambaran bagaimana kita hidup berbaur dg masyarakat. Lingkungan yang baik akan berdampak positif terhadap pendidikan anak, sedangkan lingkungan yang negatif akan berdampak buruk bagi pendidikan hingga akhlak anak.

Oleh sebab itu, sadar akan pentingnya pendidikan baik dari kalangan keluarga hingga lingkungan masyarakat diharapkan dapat mewujudkan cita2 bangsa yang tertera dalam UUD 45 alenia ke 4 yang berbunyi 'Mencerdaskan Kehidupan Bangsa'.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.