PAHLAWAN BAGI DIRI SENDIRI


Image result for gambar pahlawan
Oleh Khairul Azan, Dosen STAIN Bengkalis & Ketua DPD GAMa Riau Kabupaten Bengkalis

“Berjasa pada diri sendiri adalah salah satu cara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului”. Hari ini adalah hari di mana seluruh masyarakat Indonesia yang tersebar di seluruh antereo bangsa baik di kota maupun di desa memperingati hari Pahlawan tanggal 10 November 2017.

Hari ini penuh dengan semangat untuk kembali mengenang jasa para pejuang bangsa yang tak kenal mati dan lelah. Mereka sanggup mempertaruhkan nyawa demi terwujudkan Indonesia merdeka.  Para pahlawan adalah orang tanpa pamrih dalam memperjuangkan Indonesia agar menjadi bangsa yang mandiri. 

Spirit para Pahlawan harus tetap tertanam dalam diri. Jika dulu para pahlawan kita mengorbankan nyawanya dalam mempertahankan harkat dan martabat bangsa, maka saat ini kita para generasi hendaknya mengisi semangat hari pahlawan dengan cara membangun negeri. Membangun negeri hendaknya dimulai dari diri sendiri. Bangkit manjadi manusia yang terbaik inilah spirit pahlawan yang harus dipenuhi. Jangan nodai kerja keras pendahulu dengan berbuat sesuatu yang bisa merobek-robek keutuhan bumi pertiwi.

Sebelum menjadi pahlawan bagi orang lain maka jadilah pahlawan bagi diri sendiri. ingin berjasa bagi orang lain maka berjasalah terlebih dahulu pada diri pribadi. Berjasa pada diri sendiri dilakukan dengan cara mengerahkan seluruh organ tubuh untuk mencapai titik kejayaaan. Orang yang punya spirit para pahlawan maka hidupnya akan tangguh yang tidak akan gentar dengan masalah justru sebaliknya ia akan berterimakasih karena dengan masalah ia semakin kuat untuk melangkah dengan pasti.

Ciptakan sesuatu yang positif itulah makna dari peringatan hari pahlawan. Jangan jadikan peringatan hari pahlawan hanya sebatas formalitas namun yang utama adalah mengambil makna yang harus diimpelementasikan dalam kehidupan. Semangat membangun adalah harga mati jika ingin dikatakan sebagai warga negara yang baik dan menghargai jasa para pahlawan. Jangan hiraukan orang lain tidak mau berbuat tapi mulailah berbuat dengan mengarahkan tenaga untuk sesuatu yang bermanfaat.

Jangan mengeluh dengan keadaan yang tidak bersahabat tapi berupayalah untuk semangat dan terus semangat dalam menciptakan keadaan agar bisa bersahabat dengan kita. Inilah semangat para pejuangbangsa yang harus kita teruskan. Buatlah strategi agar kejayaan diri bisa diraih. 
Bangunlah jiwamu agar ragamu terjaga dari lelapnya tidur. Jangan bermalas-malasan karena rasa malas tidak akan membuatmu sampai pada sebuah mimpi besar.

Mulailah berubah jika saat ini masih terlena. Buka mata, buka hati dan buka fikiran. Jadikan para pahlawan sebagi teladan untuk meneruskan perjuangan diri dan bangsa dimasa depan. Pahlawan bagi diri sendiri adalah manusia tangguh yang tak akan gentar dengan perubahan zaman melainkan sambutlan perubahan dengan kelebihan diri. Adu prestasi adalah bagian dari mengisi kedaulatan negeri.
Selamat Hari Pahlawan.



*Sumber gambar: Google

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.