AWALI HIDUP DENGAN SESUATU YANG POSITIF: LANGKAH MENUJU KESUKSESAN

Image result for langkah menuju sukses

Oleh Khairul Azan, Dosen STAIN Bengkalis & Ketua GAMa Riau Kabupaten Bengkalis

“Awal yang positif adalah memulainya dengan berfikir positif dan berfikir positif akan mengarahkan kita untuk bertindak, berbuat dan berprilaku yang positif pula”.

Banyak sekali kegagalan seseorang dalam meraih mimpinya disebabkan karena tidak bisa memaknai hidup dengan bijak. Hidup adalah teki-teki yang perlu dipecahkan satu persatu dan dalam memecahkannya pasti kita dituntut untuk memilih satu diantara dua dan seterusnya. Ini terjadi karena hidup adalah pilihan dan menjalani kehidupan adalah sebuah kewajiban.

Kegagalan berpunca dari cara pandang dalam memahami kehidupan yang tidak tepat pada jaluranya. Seringkali terjebak dalam fikiran negatif yang menghantui sehingga tidak punya keberanian untuk melangkah lebih maju. Apa sebenarnya yang kita dapatkan ketika mengawali hidup dengan sesuatu yang negatif?

Bisakah mimpi kita terwujud dengan kehadirannnya? Tidak. Yang kita dapatkan hanyalah kegelisahan yang membelenggu fikiran yang membuat tingkat stres melambung tinggi. Padahal apa yang kita takutlah belumlah tentu terjadi. Ya. Waspada adalah bagian dari kehidupan manusia, namun pastaskan kita berlama-lama dengan sesuatu yang tidak pasti. Tentu jawabannya sekali lagi “tidak”. Yang perlu kita lakukan adalah mencari solusi seadainya itu terjadi dan awali hidup dengan sesuatu yang positif dengan cara selalu berfikir positif.

Berfikiran positif tidaklah semudah membalikkan telapak tangan namun itu perlu dilakukan agar hidup lebih produktif. Berfikiran posisitif  adalah kunci kebahagian diri yang berdampak pada timbulnya rasa kepercayaan tentang sebuah harapan dibalik kesulitan pasti ada hikmah dan penyelesaian. Sebagaimana Allah jelaskan dalam Firmannya QS. Alam Nasyroh ayat  5 yang artinya “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”.

“Hidup itu bukan mengenai seberapa berat masalah yang datang menghampiri kita, namun mengenai seberapa positif kita mampu merespon segala permasalahan tersebut”. (Bambang Pamungkas)

Berpikiran positif adalah bagian dari mental diri yanng dalam prosesnya melibatkan kerja fikiran, kata-kata, serta hati yang bersifat konstruktif (membangun) dalam menilai sesuatu yang baik-baik saja. Paradigma ini perlu dibangun dalam diri agar hidup terasa indah. Berfikiran positif tak ubahnya seperti melihat bunga mawar yang begitu banyak durinya.

Ketika fokus utama kita pada duri yang ada maka itu akan menjadi penghambat kita melangkah untuk menggapai bunga yang ada. Namun sebaliknya ketika fikiran positif yang kita dahulukan maka sebanyak apapun duri dibatangnya itu tidak akan menjadi penghalang untuk kita memetik bunga mawar yang  harum dan menggoda.

“Hal pertama yang kubangun dalam diriku untuk bisa menghadapi hari dengan semangat adalah menciptakan sebanyak-banyaknya pikiran positif” (Merry Triana).

Begitulah dalam memaknai hidup dengan sesuatu yang positif. Ketika fikiran negatif lebih dominan maka sebaik apapun yang orang lakukan untuk kita, dan sebaik apapun yang orang berikan kepada kita dan sebanyak apapun yang kita dapatkan maka itu tidak akan berarti apa-apa.

Semuanya tertutup rapat seolah-olah dia dan mereka tidak pernah berbuat dan memberikan apa-apa kepada kita. Namun sebaliknya ketika kita befikiran positif maka kebaikan demi kebaikan akan diraih. Bukankah hari ini tidak akan sama dengan hari esok. Ketika ia tidak baik hari ini bukan berarti tidak baik selamanya karena hidup seperti roda yang terus berputar dan berputar.

Disamping itu berfikiran positif adalah bagian untuk menjadi pribadi yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita. Ketika ini dilakukan maka tidak akan ada lagi yang putus asa dan tidak akan ada lagi anggapan bahwa Tuhan tidak adil dan seterusnya. Sehingga menjalani hidup adalah sebuah kesempatan dan kesempatan yang telah Tuhan berikan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin agar hari demi hari terasa indah dan menyenangkan.

Kisah ini terinspirasi dari pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat  bagi kita semua. Aminnnn.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.