Selamat Tahun Baru Hijriah 1439 dan Mari Berhijriah


Hijrah berarti pindah dari satu tempat ke tempat lain, dari suatu keadaan ke keadaan lain. Rasulullah SAW melakukan pindah dari Makkah ke Madinah dan hijrahnya Rasul menjadi awal perhitungan kalender Hijriyah.

Momentum tahun baru Hijriyah bisa dijadikan awal perpindahan dari hal-hal yang belum baik menuju hal-hal yang baik.
Tahun baru Islam ini bisa menjadi tonggak awal perubahan dari kebiasaan-kebiasaan yang kontraproduktif menjadi produktif.

Melakukan perubahan sifat-sifat yang negatif menuju sifat-sifat positif. Dari hobi yang tak bermanfaat menjadi hobi yang memiliki nilai. Dari kebiasaan membuang-buang waktu menjadi kebiasaan yang menata waktu menjadi lebih optimal.

Sebagaimana hadits Nabi SAW (terlepas dari perdebatan lemahnya sanad dan sebagainya), kita petik semangatnya untuk memotivasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

"Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik dari kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung.
Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi.
Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek dari harinya kemarin maka dia terlaknat.”

Tak perlu menyesalkan tak meriahnya perayaan tahun baru Islam seperti tahun baru Masehi. Apalagi sampai mencari-cari siapa yang salah. Karena sejatinya keputusan hijrah menjadi lebih baik tidak memerlukan selebrasi.

Justru dengan berkontemplasi, muhasabah diri, merenungkan pencapaian peta hidup, akan memberikan pemaknaan yang dalam bagi diri untuk berhijrah.

Selamat tahun baru Hijriyah 1439 H
Semoga kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Memberikan kemanfaatan yang sebanyaknya bagi orang lain.

Penulis: Nurhilmiyah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.