Pendidikan Islam Transformatif




Artikel ini ditulis oleh Usman Usman, Moch Fuad, Nur Munajat yang diterbitkan di jurnal pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga. Artikel membahas tentang pendidikan Islam Trannsformatif yang judul aslinya adalah "Islamic Educational Transformation: A Study of Scientific and Competence Development in the Study Program of Islamic Education in State Islamic University". Berikut ini ringkasannya.

Penelitian ini bersifat deskriptif dan evaluatif tentang agama dan modernisasi pendidikan dengan tujuan untuk menemukan dan menggambarkan permasalahan baru mengenai kerangka dasar pengembangan keilmuan dan kurikulum pada Program Studi PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkap indikator perubahan kerangka dasar, pandangan dan sikap akademisi, pengembangan kurikulum, dan proses belajar-mengajar, terutama yang berbasis teknologi informasi. Penelitian dilakukan di tiga Universitas Islam Negeri, yaitu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dengan subjek penelitiannya yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan atau Program Studi PAI. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive random. Data dikumpulkan dengan metode observasi partisipan, wawancara terstruktur dan mendalam serta metode kuesioner kepada fakultas (pimpinan) dan mahasiswa. Analisis data dilakukan melalui interpretasi logis dan perbandingan konstan. Penelitian ini dilakukan di lapangan dengan mengumpulkan data, menulis dan memberikan interpretasi logis terhadap data. Berdasarkan data dan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa implementasi pengembangan keilmuan yang dilakukan oleh program studi/jurusan PAI untuk mewujudkan pendekatan integrasi-interkoneksi sudah tercermin dalam penentuan jurusan (visi dan misi) jurusan, kebijakan (kualitas objektif atau jaminan mutu), program, dan proses pembelajaran. Semua hal tersebut sudah berkembang, bila dipahami dari makna modernisasi pendidikan (model perubahan/pengembangan manajemen pendidikan), dari cara lama/konvensional menuju ke yang lebih kontemporer.

Full papernya dapat diunduh disini.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.